Mengenal Google Analytics, dan Fungsi Utamanya
Ilustrasi internet marketing. (pixabay)

Jual backlink – Jika berkecimpung di dunia digital marketing, SEO, atau media sosial, atau jika Anda merupakan pemilik maupun pengembang website, pasti pernah mendengar Google Analytics dan fungsinya.

Apa itu Google Analytics & Bagaimana Cara Kerjanya?

Google Analytics merupakan layanan pelacakan aplikasi seluler dan web gratis untuk mengukur KPI pemasaran digital. Setelah membuat akun Google Analytics dan menempatkan kode skrip kecil di situs web, Anda dapat mulai mengumpulkan data besar situs web atau aplikasi Anda.

Setelah menerima data dari kode pelacakan, Anda dapat memutuskan bagaimana melaporkannya untuk penggunaan Anda. Anda dapat melakukannya dengan menerapkan tampilan dan filter yang berbeda dan merampingkan analitik pemasaran digital Anda.

Penggunaan Google Analytics (G.A.) meluas di luar Google Penelusuran dan menunjukkan lalu lintas situs web Anda dari semua saluran Anda.

G.A. juga menampilkan info audiens seperti demografi atau minat dan data dari alat Google pihak ketiga seperti Google Ads dan Google Search Console (GSC).

Dengan menerapkan rencana pengukuran analisis web yang dipikirkan dengan matang, Anda dapat mencapai tujuan pemasaran digital Anda, yang biasa disebut dengan KPI.

Pemantauan dan pelaporan metrik ini sangat penting jika organisasi atau merek Anda mengikuti strategi pemasaran kinerja. Google Analytics memungkinkan Anda melihat KPI ini dalam lima kategori utama; real-time, audiens, akuisisi, perilaku, konversi.

Secara singkat, G.A. akan menunjukkan kepada Anda data berharga yang berhubungan dengan pengunjung Anda, alat pihak ketiga, dan situs web Anda.

Contoh Data Google Analytics:

Usia jenis kelamin, bahasa & lokasi, pengguna baru & kembali, peramban & OS, perangkat seluler, tablet, dan desktop, sumber lalu lintas, data iklan Google.

Kemudian juga data konsol pencarian Google, data Media Sosial & Kampanye, konten Situs, Kecepatan Situs, Pencarian Situs, acara, konversi seperti sasaran dan e-niaga.

Google Analytics juga memungkinkan pengguna tingkat lanjut untuk membuat tampilan berbeda, menerapkan filter, dan menerapkan sasaran, peristiwa, dan bahkan e-niaga.

Anda hampir dapat menyebutnya pengembangan Google Analytics karena Anda dapat melangkah cukup jauh dengan fitur-fitur canggih G.A. (*)