Apa itu SEO, Pengertian dan Cara Kerjanya
Pengertian SEO. (pixabay)

Jual Backlink – SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu praktik meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas ke situs web Anda melalui hasil mesin pencari organik.

Apa yang masuk ke dalam SEO?

Untuk memahami arti sebenarnya dari SEO, mari kita pecahkan definisi itu dan lihat bagian-bagiannya:

Kualitas lalu lintas. Anda dapat menarik semua pengunjung di dunia, tetapi jika mereka datang ke situs Anda karena Google memberi tahu mereka bahwa Anda adalah sumber daya untuk komputer Apple padahal sebenarnya Anda adalah petani yang menjual apel, itu bukan lalu lintas berkualitas.

Kuantitas lalu lintas. Setelah Anda memiliki orang yang tepat mengklik dari halaman hasil mesin pencari (SERP), lebih banyak lalu lintas lebih baik.

Hasil organik. Iklan merupakan bagian yang signifikan dari banyak SERP. Lalu lintas organik adalah lalu lintas apa pun yang tidak perlu Anda bayar.

Lalu lintas pencarian organik secara khusus adalah lalu lintas tidak berbayar yang berasal dari SERP.

Bagaimana SEO bekerja

Anda mungkin menganggap mesin pencari sebagai situs web yang Anda kunjungi untuk mengetik (atau mengucapkan) pertanyaan ke dalam kotak dan Google, Yahoo, Bing, atau mesin pencari apa pun yang Anda gunakan secara ajaib membalas dengan daftar panjang tautan ke halaman web yang berpotensi menjawab pertanyaan Anda.

Itu benar. Tapi pernahkah Anda berhenti untuk memikirkan apa yang ada di balik daftar tautan ajaib itu?

Begini cara kerjanya: Google (atau mesin telusur apa pun yang Anda gunakan) memiliki perayap yang mengeluarkan dan mengumpulkan informasi tentang semua konten yang dapat mereka temukan di Internet.

Perayap membawa semua angka 1 dan 0 itu kembali ke mesin telusur untuk membuat indeks. Indeks tersebut kemudian dimasukkan melalui algoritme yang mencoba mencocokkan semua data tersebut dengan kueri Anda.

Ada banyak faktor yang memengaruhi algoritme mesin telusur, dan berikut adalah cara sekelompok pakar memeringkat kepentingannya:

SE (mesin pencari) dari SEO.

Bagian O dari SEO (pengoptimalan) adalah ketika orang-orang yang menulis semua konten itu dan meletakkannya di situs mereka menebak bahwa konten dan situs tersebut naik sehingga mesin telusur akan dapat memahami apa yang mereka lihat, dan pengguna yang datang melalui pencarian akan seperti apa yang mereka lihat.

Pengoptimalan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Semuanya mulai dari memastikan tag judul dan deskripsi meta informatif dan panjang yang tepat hingga mengarahkan tautan internal ke halaman yang Anda banggakan.

Belajar SEO

Berikut gambaran umumnya:

Membangun situs yang ramah SEO

Setelah Anda siap untuk mulai menjalankan langkah SEO itu, inilah saatnya untuk menerapkan teknik SEO tersebut ke situs.

Konten dan markup terkait

Sebuah situs bukanlah sebuah situs sampai Anda memiliki konten. Mulailah jika Anda penasaran dengan penelitian kata kunci, cara menulis salinan ramah-SEO, dan jenis markup yang membantu mesin telusur memahami tentang konten Anda sebenarnya.

Topik terkait tautan

Gali lebih dalam semua yang perlu Anda ketahui tentang tautan dari teks tautan hingga pengalihan. Cari pengetahuan lebih banyak untuk memahami bagaimana dan kapan menggunakan nofollow dan dofollow.

Evolusi SEO

Algoritme mesin telusur sering berubah dan taktik SEO berkembang sebagai tanggapan atas perubahan tersebut. (*)